.

Pelajar Indonesia Raih Emas di International Geography Olimpiad, Rusia mengharumkan Bangsa


IGeo 2015 di indonesiaproud wordpress comPara pelajar Indonesia kembali mencetak prestasi membanggakan di ajang internasional. Dalam Olimpiade Geografi Internasional ke-12  atau 12th International Geography Olimpiad (iGeo) yang diselenggarakan pada 11-17 Agustus 2015 di Rusia, 4 pelajar yang berpartisipasi berhasil meraih 1 medali emas dan 2 medali perunggu. 

Medali emas berhasil dipersembahkan oleh Andito Jeremia Adhyatma dari SMA 8 Jakarta, sedangkan perunggu diraih oleh Asri Hadiyanti Giastuti dari SMA 1 Bogor dan Melinda Gularso SMAK 7 Penabur. Adapun Namaskara Bagus Sani dari Labschool Jakarta, belum berhasil meraih medali.

Andito dan Namas masih punya kesempatan untuk mengikuti olimpiade tahun depan, karena masih tercatat sekolah di bangku SMA, sedangkan 2 putri terbaik lainnya Asri dan Melinda, sudah tidak bisa mengikuti lagi karena masing-masing sudah memasuki bangku kuliah di ITB dan UGM Yogyakarta.
Selama iGeo, mereka dibimbing oleh Dr. Samsul Bachri dari ITB dan Prof. Dr. Junun Sartohadi dari UGM serta observer Titiek Suparwati, Wiwin Ambarwulan dan Sri Lestari Munajati dari Badan Informasi Geospasial serta orang tua peserta Sri Ratnaningsih.

Olimpiade Geografi Internasional ke-12 (iGeo-2015) berlangsung di Tver Oblast dan Moskow dan diikuti ratusan peserta dari 41 negara. Penyelenggara kompetisi ini adalah International Geography Union (IGU) dan dilaksanakan oleh Olympiad Task Force dibawah Kementerian Pendidikan dan Sains Federasi Rusia bekerja sama dengan Geographical Society Rusia dan dua universitas di Rusia yaitu Tver State University dan Lomonosov Moscow State University.

International Geography Olimpiad (iGeo) adalah kompetisi
geografi tahunan dunia untuk pemuda usia 16 sampai 19 tahun. Siswa dipilih untuk mewakili negara mereka adalah yang terbaik, dipilih dari ribuan siswa yang berpartisipasi dengan antusias dalam Olimpiade Geografi Nasional.
Kompetisi iGeo terdiri dari tiga bagian, yakni tes tertulis, tes multimedia, dan pengamatan lapangan yang membutuhkan substansial, yang mengarah ke representasi kartografi dan analisis geografis. Program ini juga mencakup presentasi poster oleh tim, pertukaran budaya, dan waktu bagi siswa untuk mengenal sesama siswa mereka dan menjelajahi kota tuan rumah.

Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk Olimpiade Geografi Internasional (iGeo) 2017, yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan dukungan dari Badan Informasi Geospasial dan beberapa universitas diantaranya ITB, UGM, UPI dan UI.  Untuk itu Indonesia akan mengajukan proposal ke IGU dalam rangka penyelenggaraan olimpiade tersebut.
Sumber: kemlu.go.id (24/08/15)
Previous
Next Post »