.

20 game Android buatan Indonesia untuk menemani Anda di waktu senggang (Part 1)

Apa yang biasanya Anda lakukan apabila sedang stres, atau ingin mengisi waktu luang, atau sekadar sedang menunggu teman yang belum datang? Apabila jawaban Anda adalah bermain game, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat.
Apabila Anda sedang mencari game yang seru, ada baiknya Anda mencoba 20 game Android mengagumkan buatan Indonesia yang telah kami pilah berdasarkan jumlah download dari masing-masing game.

1. Icon Pop Quiz

popquiz
Game kuis yang pernah populer ini menantang pengetahuan Anda tentang orang dan karakter terkenal. Game ini bahkan menerima dukungan luar biasa dari seorang penyanyi Korea PSY. Saat ini, Anda dapat menebak sekitar 1.000 gambar yang dibuat langsung oleh salah satu studio startup Indonesia, Alegrium.

2. Teka Teki Silang

tts
Teka Teki Silang mengaplikasikan permainan teka-teki silang yang konvensional ke dalam ponsel Android. Pemain dapat memilih dari 250 teka-teki silang yang tersedia, membeli koin untuk membuka huruf yang terkunci, dan terhubung ke Facebook untuk menanyakan jawaban kepada teman, atau sekadar memperlihatkan pencapaian yang sudah diperoleh.

3. Onet

onet
Onet adalah sebuah game menjodohkan gambar Pokemon yang sangat menyenangkan dan dikembangkan oleh Grafian Software Crafter. Dalam game ini, pemain harus menghilangkan seluruh kotak dengan menjodohkan dua gambar. Kotak-kotak tersebut hanya dapat dijodohkan jika tidak dihalangi oleh kotak lain, dan rute yang tersedia antar kotak tidak lebih dari dua belokan. Anda dapat memilih untuk bermain dengan kotak berukuran 10×6, atau 16×9 jika ingin lebih tertantang.

4. Onet Fruit

onetfruit
Onet Fruit pada dasarnya berpola sama seperti Onet. Tetapi bukannya menjodohkan pokemon, dalam permainan ini Anda dituntut untuk menjodohkan buah. Gameplay-nya sangat mirip dengan Onet, tetapi grafisnya merupakan penyempurnaan dari Onet versi pokemon. Gambar yang ditampilkan oleh Onet Fruit memiliki resolusi jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan Onet – dimana Anda bisa melihat dengan jelas titik-titik pikselnya.

5. Panjat Pinang

panjatpinang
Tepat pada saat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya tahun lalu, Amikom Game Dev merilis Panjat Pinang. Ditinjau dari namanya, Panjat Pinang sesungguhnya merupakan permainan yang biasa dimainkan masyarakat Indonesia di hari perayaan kemerdekaan. Permainan ini menuntut pemainnya untuk memanjat pohon pinang yang sudah terlebih dahulu dilumuri minyak, dengan tujuan mengambil hadiah yang diletakkan di puncaknya. Untuk membuat game ini lebih menantang, Amikom memodifikasi gameplay-nya melalui jatuhnya barang-barang dari samping kiri dan kanan pinang. Karakter yang bermain harus menghindarinya, karena jika terkena barang yang jatuh, maka ia harus kembali memanjat dari bawah lagi.

6. Train Legend

trainlegend
Diciptakan oleh TouchTen, game ini bahkan dipilih oleh Yodo1 – seorang publisher game dari China – untuk dibuat versi Chinanya. Pada dasarnya, Train Legend merupakan permainan puzzle dimana pemain harus membawa kereta ke stasiun kereta yang berbeda dengan melewati banyak persimpangan, tanpa membuat kereta tersebut hancur. Februari ini, TouchTen menjalin kemitraan dengan Gimmie sebagai penyedia hadiah untuk para pemainnya.

7. Ular Tangga

ulartangga
Jika Anda merupakan penggemar game tradisional seperti Snake and Ladders, maka Ular Tangga merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Dipersembahkan untuk Anda dari developer yang sama dengan Panjat Pinang, Ular Tangga memungkinkan Anda untuk bermain bersama teman-teman menggunakan koneksi bluetooth. Jika Anda bosan dengan dekorasi ular tangga klasik, maka Anda diberi pilihan untuk memainkannya dengan cara yang lebih modern (tidak lagi menggunakan ular, melainkan lift), menggunakan tema luar angkasa (roket), dan tema bangunan klasik (tangga batu).

8. Infinite Sky

infinitesky
Ketika Anda dapat berlari tanpa henti dengan Temple Run, bersama Infinite Sky Anda dapat terbang menggunakan pesawat terbang dan menembaki pesawat lainnya. Game ini tampak sangat serupa dengan permainan arcade klasik ’aircraft shooting’ yang pernah Anda mainkan di PlayStation atau console yang usianya lebih tua. Tetapi dengan Infinite Sky, Anda akan bermain dalam nuansa 3D. Infinite Sky meraih posisi pertama pada kategori smartphone dalam Indonesia Game Show 2012.

9. Push the Box

pushthebox
Berdasarkan cerita mengenai serigala jahat dan tiga babi kecil, Push the Box – seperti yang terlihat dari namanya – menantang pemain untuk menyelamatkan tiga babi kecil dengan cara mendorong kotak-kotak di sekitarnya. Ketika jalanan sudah bersih dari penghalang, Anda dapat menghampiri babi-babi tersebut untuk menyelamatkan mereka. Terkadang permainan ini dapat menjadi rumit. Mengingat tidak ada tombol undo, Anda harus sangat berhati-hati ketika memilih kotak mana yang akan Anda pindahkan. Game ini meraih posisi runner up pada kategori smartphone dalam Indonesia Game Show 2012.

10. Marbel Belajar Series

marbel
Dengan memiliki lebih dari 30 games yang dapat dipilih, Marbel Belajar Series merupakan kumpulan game edukatif gratis yang dibuat oleh Educa Studio asal Indonesia. Seri yang paling populer adalah Marbel Belajar Huruf. Mencapai lebih dari 100.000 downloads, game ini sukses menduduki posisi 10 dalam daftar kami. Salah satu serinya yaitu Marbel Belajar Membaca juga memenangkan kategori New Rock Star pada Rock Star Dev 2013.

11. Klompencapir

klompen
Jika Anda familiar dengan Parampa, Klompencapir merupakan pasangannya yang tepat dari Android. Game ini sejenis tes IQ, lengkap dengan puzzle yang rumit tetapi menghibur, membuatnya sangat menarik dan menyenangkan. Sangat mudah untuk terjebak ketika Anda tidak memikirkan pertanyaannya dengan sungguh-sungguh.

12. Tebak Kata

tebakkata
Hampir sama seperti teka teki silang, Tebak Kata menantang kemampuan kosakata Anda dalam 10 kategori dengan lebih dari 200 kata untuk ditebak. Anda akan memperoleh tiga kata kunci, masing-masing akan muncul setelah 10 detik. Game ini tidak memberikan nilai untuk Anda, jadi Anda tidak akan mendapatkan pengurangan angka jika terlambat menjawab. Tebak Kata dikembangkan oleh Apitut Interactive.

13. Susun Kata

susunkata
Jika Anda mahir dalam anagram (permainan menukar huruf dalam kata-kata sampai menemukan arti yang berbeda), ini adalah game yang tepat untuk Anda. Game ini sangat sederhana dan mudah, dengan 500 kata yang harus ditebak dari total 20 kategori. Jika terhenti pada kata tertentu, Anda akan mendapatkan karakter harian dan petunjuk gambar. Game ini dibuat oleh developer yang sama dengan Tebak Kata.

14. Infectonator

infectonator
Dengan Infectonator, Anda dapat mengubah orang menjadi zombie tanpa harus membunuhnya. Infectonator dirancang oleh Toge Production, tetapi dipublikasikan oleh Armor Games. Kami telah mengulas game tersebut secara lengkap di sini.

15. Zico

zico
Zico adalah game kasual 3D yang bertemakan tendangan bebas Zico. Tidak sekadar bermain, di dalam game ini pemain juga akan menemukan cerita di balik karir sepakbola Zico. Ada tiga level utama di dalam game ini yang dibedakan berdasarkan lokasinya, yaitu Brazil, Italia, dan Jepang (negara-negara di mana Zico menjalani karir profesionalnya sebagai pesepakbola). Untuk saat ini, satu-satunya level yang tersedia adalah Brazil. Italia dan Jepang akan dirilis kemudian. Game ini dibuat oleh TouchTen, dalam kolaborasinya dengan Zico yang merupakan sosok pesepakbola legenda asal Brazil.

16. Trigger Knight

trigger
Trigger Knight adalah game mini survival RPG. Dalam game ini, Anda akan bermain sebagai raja yang berlari secara konstan dan melawan musuh apa saja yang ditemui ketika Anda sedang mengumpulkan senjata, baju zirah, item penyembuh, dan emas.

17. Cute Kill

cutekill-100x100
Jika Anda ingin membunuh zombie dengan nuansa baru, silakan mencoba Cute Kill. Dalam game ini, Anda akan bermain sebagai seorang bayi yang menembaki zombie. Cerita bermula ketika ibu dari bayi tersebut diculik, dan Anda akan berperan sebagai bayi-sekaligus saudara perempuannya, yang harus berlari secepat mungkin menuju pulau rahasia untuk menyelamatkan sang ibu. Baca review kami.

18. Jumping Granny

jumpinggranny
Ketika cucunya diculik oleh alien, langit bukan lagi menjadi batas untuk sang nenek. Game ini sangat mirip dengan Doodle Jump, dimana pemain harus memiringkan layar mereka, dan berusaha meloncat ke tempat yang lebih tinggi dengan berpijak pada platform.

19. Legend of Majumaru

legend
Nikmati melempar kunai dan menebas lawan ninja Anda untuk menyelamatkan seorang putri. Legend of Majumaru adalah game arcade action sederhana, dimana Anda akan bermain sebagai Majumaru. Anda juga dapat memilih untuk bermain di dalam mode cerita atau mode bonus.

20. Run Princess Run

run
Jika Anda lelah menyelamatkan tuan putri, maka lebih baik Anda berperan sebagai seorang putri dan selamatkan diri Anda sendiri. Run Princess Run adalah game seperti itu. Ditemani oleh ibu peri baik hati yang sanggup mengendalikan bumi untuk membuka jalan di bawah petunjuk Anda, Anda berada di dalam misi tak berujung untuk melarikan diri dari penyihir jahat.

Dengan meningkatnya jumlah studio game di Indonesia yang mengembangkan game untuk Android, kami berharap bahwa dalam waktu dekat, Google dapat membantu mereka menghasilkan lebih banyak uang. Kami harap hal itu dapat dilakukan dengan cara memfasilitasi para penjualnya untuk menjual game premium dan in-app item. Sementara itu, kami berharap daftar di atas dapat membantu Anda menikmati masa senggang.
Previous
Next Post »