.

BISNIS ONLINE START UP

Tutorial Membuat Start Up Bisnis Dari Kecil

  Banyak sekali cara untuk mencari ide untuk membuat startup website, seperti melihat contoh dari yang sudah ada seperti yang telah dilakukan Starbucks memulai dengan menjual kopi di Seattle.
Facebook terinspirasi dari MySpace dan membangun yang lebih baik, Google membangun Yahoo search yang lebih baik. Microsoft meng-copy Apple – sedangkan Apple meng-copy Xerox. 

Yang dibutuhkan :

1. Ide atau inovasi.

2. Tim yang solid minimal 2 orang.

3. PC/Laptop.

4. Koneksi internet.

5. Skill SEO dan Pemrograman website.


        Kenapa harus membuat team? Padahal sendiri pun bisa ? Ya memang bisa tapi lebih baik dalam proses pengerjaan dalam team akan lebih efisien dan hasil akan lebih maksimal karena satu orang hanya focus dalam satu hal.
       Dalam pembuatan website startup kita tentu akan berurusan dengan pemrograman website. Dari segi front-end UI/UX (User Interface/User Experience) sampai ke back-end. Maka kita minimal jumlah anggota dalam team adalah 2 orang. Orang pertama akan bertugas dalam pengerjaan front-end yang bertanggung jawab dalam UI/UX website. Orang kedua akan bertugas sebagai back-end yang bertanggung jawab dalam pemrograman server-side.
        Orang yang memiliki peran sebagai front-end developer minimal harus menguasai Adobe Photoshop, HTML 5, CSS 3, dan javascript. Sedangkan untuk back-end harus memiliki kemampuan dalam merancang system serta paham pemrograman server-side seperti PHP dan database query seperti MySQL.

Kelebihan

       Seperti yang saya katakana sebelumnya. Dalam proses developing website bisa benar-benar tanpa biaya. Karena anda dan tim anda lah yang melakukan pemrograman website. Selain dari sisi pemrograman. Bahan atau alat penunjang pun juga gratis tapi bisa menghasilkan pendapatan yang melimpah. Seperti memakai software open source dalam proses developing. Untuk sisi text editor tersedia banyak sekali software yang free. Seperti notepad++, netbeans, dan subline text. Intinya jika anda sudah paham benar bahasa  pemrograman tidak usah memakai bantuan text editor yang canggih pun pasti bisa. Contoh bisa menggunakan vim atau nano via CLI(Command Line Interface).

       Dalam proses developing pun cepat. Karena anda dapat menggunakan beberapa framework yang tersedia open source. Contoh untuk front-end developer ada twitter bootstrap dan laravel untuk back-end developer.

Kekurangan

       Dalam pembuatan website startup ini selain mempunyai kelebihan tentu mempunyai kekurangan. Seperti jika startup anda sudah selesai dan online anda harus memantau terus website anda. Memantau kesehatan website, pengunjung, dan yang paling penting keamanan. Anda juga harus terus melakukan update pada website anda sehingga user tidak jenuh dan agar tidak kalah dengan kompetitor baru.

        Dan memerlukan waktu paling tidak sekitar 3 bulan untuk membuat website startup untuk mendapatkan income.

Pemasaran

     Karena ini merupakan bisnis dibidang IT maka pemasaran dapat dilakukan dengan mudah. Bisa menggunakan teknik SEO untuk mencari alamat URI yang mudah untuk dikunjungi.

      Bisa memanfaatkan media social facebook dan twitter. Dan juga kita bisa memasang iklan di google.com atau di facebook pada kategori yang berkaitan dengan startup kita sehingga pengunjung akan bertambah dengan cepat.
Previous
Next Post »